Polisi Akan Langsung Tangkap Habib Rizieq Tanpa Pemanggilan Lagi

Posted by Lentera News on 11 Desember 2020

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyatakan polisi akan menangkap HRS (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

LENTERA-NEWS.COM - Polda Metro Jaya mengatakan tak ada lagi pemanggilan terhadap Habib Rizieq Shihab dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus kerumunan massa di Petamburan dan Tebet. 

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan penyidik telah dua kali memanggil Habib Rizieq saat masih berstatus sebagai saksi. Namun, Habib Rizieq selalu mangkir. 

"Saudara MRS panggilan saksi pertama tidak datang, panggilan saksi kedua tidak datang, kemarin saya tegaskan Polda Metro Jaya akan melakukan penangkapan terhadap MRS," kata Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat (11/12). 

Tim hukum Habib Rizieq hari ini menyambangi Polda Metro Jaya untuk meminta surat panggilan sebagai tersangka. 

Salah satu tim kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar menyebut langkah ini merupakan bentuk upaya proaktif pihaknya dalam pengusutan perkara ini. 

"Kami proaktif mendatangi Polda Metro Jaya untuk mengambil surat panggilan, kita proaktif, kita datang. Ini menunjukkan kita proaktif untuk penegakan hukum," ucap Aziz. 

Dalam kasus ini, Habib Rizieq telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan pasal 160 KUHP dan pasal 216 KUHP. 

Selain Habib Rizieq, lima orang lain turut ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah Haris Ubaidillah selaku ketua panitia, Ali bin Alwi Alatas selaku sekretaris panitia, Maman Suryadi selaku Panglima FPI dan penanggungjawab keamanan, KH. Sobri Lubis selaku penanggung jawab acara, dan Habib Idrus selaku kepala seksi acara. 

Untuk kelima tersangka ini, polisi menerapkan Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Blog, Updated at: Desember 11, 2020

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak